Friday, November 25, 2011

Perbedaan Edisi Microsoft Windows 7

Lagi 'snorkeling' penjual paket-paket edisi Microsoft Windows yang genuine alias orisinil buat kawan-kawan (kita sih masih pake Windows XP Home), eh... nemu artikel-artikel yang manfaat, so, saya mau share disini ah, sekaligus buat pustaka pribadi juga, daripada lupa... tapi ada bingungnya, mereka familiar-nya ama Windows XP, jadi kalo pake yang edisi rilis baru (Vista or 7) kayaknya mereka kudu di-training dulu nih... padahal sih tipsnya kan, asal biasa dioprek-oprek juga nanti bisa alias "bisa karena biasa", karena kalo kita males atau malah antipati terhadap pembaharuan -yang notabene adalah kemajuan or peningkatan, bijimane (biji siape?) bisa berkompetisi di iklim bisnis yang semakin 'panas' dan ketat ini... bener-bener ini sih, "Singkong dikasih ragi.. alias Tape deh..!"
Ok deh, let's get it on... Salah satu 'temuan' artikel yang informatif, terutama bagi mereka yang ingin beli paket edisi Windows 7, tentu lumayan bingung karena bervariasinya edisi yang tersedia di pasaran, apalagi untuk para kaum awam dalam hal ini. Di bawah ini sedikit ulasan tentang perbedaan-perbedaan diantara paket edisi-edisi pada Windows 7, yaitu:
  • Windows 7 Starter :  umumnya dibenamkan bersama unit/paket pembelian baru (laptop, netbook, dsb). Memiliki fitur utama seperti Taskbar, Jump List, Windows Media Player, BackUp & Restore, Action Center, Device Stage, Play To, Fax & Scan juga Game (sederhana). Namun kekurangannya seperti berbagai fitur modifikasi Desktop -termasuk modif Wallpaper atau Theme, Media Center, Homegroup creation, Windows Touch, Live Thumbnails Preview, non Aero Glass, non Multi Language, maksimum RAM 2Gb dan tidak tersedianya versi 64bit. Dengan kisaran harga relatif pada angka US$50.00 di Indonesia. Eksekusi program hanya 3 saja dalam satu waktu (sekaligus), tapi keterbatasn ini akhirnya dihilangkan, hanya jumlah memory saja yang dibatasi sehingga penggunanya tetap bisa menjalankan banyak program / multi tasking sekaligus (sedangkan semua edisi Windows mempunyai batas maksimum RAM sebesar 4Gb; untuk versi 32bit). TETAPI, bagi Pembaca yang sudah terlanjur beli laptop baru dengan paket ori install Win 7 Starter ini dan ingin modif background desktop-nya, jangan bersedih dulu, karena sudah saya siapkan softfile eksekyut untuk bisa modif-modif background desktop Windows 7 Starter, Pembaca bisa sedot DISINI file tersebut. Namun perlu Pembaca ketahui, segala dampak yang mungkin timbul tanpa dikehendaki setelah install 'plug-in' tersebut, bukan menjadi tanggungjawab saya ya, karena saya sekedar bantu koleksi sedotan, bukanlah saya yang develop.
  • Windows 7 Home Basic : memiliki fitur utama berupa Multiple Monitor, Fast-User Switching (ganti User Account dengan cepat / fast Log Off), Desktop Wallpaper, Desktop Windows Manager, Network Printing, Internet Connection Sharing & sebagian fitur Windows Aero. Dengan keterbatasan tidak dapat membuat Homegroup baru, tidak disertakannya DVD Decoder (codec MPEG-2 & DolbyDigital), tanpa Multi Touch, premium games, Windows Media Center, tidak mendukung Multi Language, dukungan Windows Aero yang tidak full. Dibanderol pada kisaran US$80.00 di Indonesia, ya agak reasonable lah.
  • Windows 7 Home Premium : merupakan edisi Home yang oke lah. Dipersenjatai dengan Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, new Homegroup, Media Center, DVD Playback (codec) & Develop (pembuatan), dengan premium games juga Mobility Center. Paling limitasinya pada Domain Join, Remote Desktop Host, Backup dari network, Encryption File System & Offline Folder. Kurang lebih dipasang harga kisarannya US$110.00 (Indonesia).
  • Windows 7 Professional : siap dipakai dengan Windows XP Mode, Domain Join, Remote Desktop Host, Location Aware Printing, Mobility Center, Presentation Mode & Offline Folder. Kekurangannya pada BitLocker, BitLocker ToGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language & booting dari VHD. Dilepas di pasar Indonesia pada kisaran US$150.00. Windows 7 versi ini menawarkan semua fitur-fitur edisi yang sebelumnya (down-grade level) termasuk fitur Windows XP Mode.
  • Windows 7 Enterprise : dengan menargetkan pada pemakainya dikategori Bisnis (volume-licenses), menyuguhkan fitur kunci berupa BitLocker, BitLocker ToGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Packs & boot dari VHD, namun dengan keterbatasannya pada lisensinya yang Retail. Windows 7 Enterprise ini sama halnya dengan Windows 7 Ultimate kecuali perihal lisensinya itu.
  • Windows 7 Ultimate. Nah, namanya juga Ultimate tentu ini adalah edisi yang paling full, dan klimaksnya. Hanya keterbatasannya perihal lisensinya, yakni bergantung pada Volume pemakai atau pemakaian.



Yah, lumayan kan infonya... ngga bikin kita awam-awam banget gitu. Jadi sedikit banyak kita jadi aware dengan kemajuan teknologi dan perkembangan bisnis juga hal-hal lain di seputar itu. Kurang-lebih ada kekeliruan, silakan komen atau isi buku tamu (shoutbox). Dan jika menyoal harga... ya kita semua pasti tahu, "ada kualitas, ada harga"... ya toh?! Oya tambahan, jangan lupa untuk meminta bukti otentik saat kita beli paket laptop baru dengan ori-install Windows tersebut, seperti, DVD-nya plus dus/box, buku, de-es-be., jangan cuma terima unit laptopnya saja.

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home