Monday, January 30, 2012

Isyarat Sikap (Body Language)

Meskipun (umpamanya) kita tidak berkata apapun, tapi kadang sikap yang dilakukan oleh kita dapat mengisyaratkan sesuatu. Mending kalau sikap itu mengisyaratkan yang positif, tapi jika sebaliknya? Padahal mungkin memang bukan seperti itu maksud kita.


Nah untuk lebih memahaminya, sehingga kita bisa mengetahui sikap diri kita sendiri juga orang lain, mari pahami yang berikut ini…


Umumnya, isyarat yang dimaksud disini ada dua macam, yakni “sikap yang dapat mengundang orang lain” dan “sikap yang dapat mengusir orang lain”, dan isyarat sikap disini yang dimaksudkan adalah bentuk-bentuk bahasa tubuh (body language).


Ok, let’s check these out!


Mengusir Orang Lain
1. Duduk setengah berbaring, apalagi dengan tangan terlipat di dada. Hal ini mengisyaratkan: “Aku lagi bosen atau be-te. Jadi jangan dekat-dekat… mengganggu saja!”
2. Berjalan dengan cepat apalagi dengan bawaan yang cukup merepotkan –entah itu buku, tas, atau barang lainnya, yang dipeluk di dada, maka berisyarat bahwa, “Aku lagi sibuk berat, ngga ada waktu untuk ngobrol sedikitpun dan dengan siapapun!”
3. Berdiri dengan kedua kaki merenggang dan tangan yang dinaikkan pada pinggul berarti: “Jangan ganggu aku… lagi super serius nih!”




Mengundang Orang Lain
1. Duduk tegak, atau tegak condong ke depan sewajarnya, dan kedua tangan dipangkukan atau memeluk lutut, mengisyaratkan: “Aku lagi tertarik dengan apa saja, ataupun siap buat ngobrol-ngobrol.”
2. Berjalan lambat tapi bukan lesu, barang-barang bawaan dibawa oleh satu tangan dan tidak mendongak (sombong), mengisyaratkan: “Aku lagi santai nih, kalau mau ngajak ngobrol atau ngajak jalan, oke deh.”


Jadi isyarat-isyarat ini merupakan bahasa tubuh (body language), yang yaaa... sedikit atau banyak kita harus mampu menterjemahkan bahasa orang lain -demikian juga jika kita memang ingin menyampaikannya kepada orang lain, sehingga tanpa secara tutur-kata, masing-masing sudah paham dengan isyarat tersebut.

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home