Friday, January 6, 2012

Tips Pencarian Data Dengan Google


Siapa yang tidak kenal dengan search engine nomor wahid dunia, Google. Sebagai salah satu search engine yang paling banyak dipakai oleh para netter (dengan terjemahan Indonesianya yaitu "search engine sejuta umat", yang juga sering dipanggil dengan sebutan Mbah Google, Oom Google atau Uncle Google. Sedemikian beragamnya informasi apapun dapat kita cari secara cepat dan hampir 90% tepat atau akurat sehingga sesuai dengan yang kita perlukan saat melakukan pencarian, baik berupa softfile dokumen (softfile Excel, Word, portable document format / pdf, dll), gambar-gambar, musik, film dan lainnya. 

Nah, sekedar berbagi tips, berikut ini cara-caranya dalam mengoptimalkan hasil pencarian oleh Google, sehingga kita dapat mengefisiensikan waktu, tenaga dan mungkin, biaya dan hasilnya pun jelas efektif. Optimalisasi itu bisa dilakukan dengan cara penambahan teknik pengetikkan pencarian data atau boleh disebut sebagai rumus/formula (seperti kutipan salah satu iklan consumer good di TV: "... selalu ada formulanya!"). Yuk, cekidot...

filetype:
Opsi ini digunakan untuk mencari tipe file tertentu (contoh: bubuhkan file extension nya).
misalnya begini:
filetype:jpg  (tambahan untuk diketik mencari file gambar bitmap berekstensi jpg / jpeg)filetype:doc  (untuk mencari file Microsoft Word)
inurl:
Opsi ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang “masuk” sebagai url nya.
Dengan opsi ini Pembaca dapat melakukan pencarian pada folder tertentu (jika dikombinasikan dengan opsi “ index of ” -tanpa tanda kutip)
misalnya begini:
inurl:multimedia  (pencarian ini menghasilkan url website yang mempunyai kata “multimedia” )
site:
Opsi ini secara spesifik digunakan untuk melakukan pencarian pada situs tertentu.
misalnya begini:
site:en.wikipedia.org “digital graphic”  (mencari dengan keyword “digital graphic” pada situs wikipedia versi bahasa Inggris. Jika ditambahkan tanda kutip, maka akan menjadi akurasi kata keyword tersebut 100%, tanpa pencarian terhadap penggalan-penggalannya saja / kata utuh yang sesuai dalam tanda kutip; baik itu posisi ataupun pengertiannya)
intitle:
Opsi ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title atau judul dari halaman web.
link:
Opsi ini digunakan untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu lainnya.
misalnya begini:
link:kaskus.us  (mencari situs yang mempunyai link ke http://kaskus.us)
...atau Pembaca juga dapat mengkombinasikan berbagai opsi tersebut di atas untuk mendapat hasil pencarian yang jauh lebih spesifik.
misalnya begini:
pdf “4shared.com/files” site:4shared.com   (untuk mencari buku atau file pdf di website   www.4shared.com )

+inurl:exe|rar|zip site:4shared.com  (dipakai untuk mencari program/software atau aplikasi lainnya di website www.4shared.com

Oya, jangan lupa, Pembaca juga dapat mengganti site:4shared.com tersebut dengan yang lainnya yang termasuk para provider online file hosting atau online storage seperti contohnya:  site:ziddu.com untuk mencari file di Ziddu (Indian online file storage), atau berbagai website lainnya seperti: indowebster.com , filehippo.com , cnet.com dan lain-lain.

Silakan dicoba!

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home