Friday, November 25, 2011

Seni Melipat Kertas

Kertas, alias Paper dalam basa Inggrisnya, ternyata banyak yang bisa kita lakukan dengannya, tidak hanya sebagai media cetakan, tulisan, de-es-be, tapi juga bisa dikaryakan menjadi berbagai bentuk hasil/kreasi seni rupa, yang unik, keren dan bahkan mengagumkan!

Seperti yang lazim dikenal, seni kreasi seni kertas dapat disebut sebagai Papercraft atau Paper Works or Paper Art, atau orang Jepang menyebutnya Origami. Tapi kayaknya origami agak terlalu sempit ya karena dalam segi bahasa (Bahasa Jepang), jadi saya lebih prefer untuk menyebutnya papercraft aja deh (aspek bahasa dunia no. 1). Dan saya juga ngga bermaksud mengulas perbedaan or definisi diantara hal-hal penamaan dan lain sebagainya seputar ini, tapi sharing sesuatu yang kayaknya menarik untuk disimak, plus file yang bisa disedot.

Banyak masterpiece-masterpiece yang bisa dihasilkan berwujud papercraft ini, seperti contohnya pada gambar-gambar dibawah ini, cekidot :

 Standard model papercraft, cukup lipat-dan-lipat; dalam bahasa origaminya, kreasi ini dipercaya (oleh orang Jepang) sebagai pembawa asa/harapan, masa depan yang menjanjikan yang berujung pada harapan akan awet muda bin panjang umur gitu deh. Berbentuk burung bangau yang sedang mengepakkan sayap (Inggrisnya: crane). Kayaknya gampang bikinnya ya? Coba saja!


Selanjutnya, masterpiece papercraft dari seorang Rusia bernama Alexey Lyapunov. Wow..! Bisa begitu ya. Tengok saja lah...
Bangsawan lagi maen catur tuh
Diving ceritanya
Suasana dalam sebuah kantor
John Lennon yang mana ya?
Dalam sebuah pesawat
dan masih banyak lagi koleksi kreasinya, yang memang patut disebut sebagai masterpieces. 

Oke lah, itu semua gambar-gambar yang saya pribadi tidak melihatnya secara fisik 'live' dan dapat saya pegang atau raba. Nah, barulah yang dibawah ini, hasil kreasi masterpiece juga dari seorang kawan saya, asli... bisa disebut berupa maket (scale model / mockup) saya juga menyaksikannya sendiri 'live' saat dia lagi berkarya menyelesaikan papercrafting itu... 4 thumbs up deh, Gan! (yang 2 lagi, jempol kaki.. hehe) Gambarnya copyright kawan saya ya, jadi tolong jangan copast apalagi untuk dipakai yang ngga-ngga ya. Kalo minat, bisa aja pesen/order minta dibuatkan bentuk apa gitu, kata dia sih, bisa aja!



Tampak disitu, perkakasnya, mulai dari penggaris, kertas biasa dan kertas karton coklat/manila de-es-be, yang emang masih lagi diproses, itu adalah hari pertama pengerjaan, katanya sih, cukup butuh kurang lebih 2 hari untuk selesain (wow!), dan untuk pengambilannya saya jepret pake camera handphone saya Sony Ericsson P910i (yang sekarang udah ancur... hiks!), dan hasil selesainya luar biasa, cuma dia ngga kasih ijin untuk didokumentasikan, katanya pesanan tersebut milik BUMN, jadi hanya boleh dilihat secara live, jadi dia menyebutnya pada tahap ini sebagai "draft"... gileee, draftnya aja udah kayak gitu, ya.. Pantes aja lihat hasilnya bikin tercengang dan seolah ngga percaya kreasi tersebut dicipta dari bahan-bahan sangat sederhana yang bisa didapat dimana aja, kayak lem kertas/karton (Fox putih), penggaris mika, cutter, pensil, dan ya gitu deh...ngga ada dipake perkakas yang canggih... Mangtaaabbb..!!! 8 Thumbs Up!!! (yang 4 lagi, pinjem jempolnya temen saya hehe).

Selain itu, Pembaca juga bisa tengak-tengok kreasi-kreasi lainnya (papercraft), di web ini http://www.papyromania.nl/PaperWorks/index.htm

Pembaca ingin juga berkreasi seperti itu, dengan lebih praktis tapi agak perlu skill komputer dan bahasa Inggris? Namanya: Pepakura Designer (versi 3). Dengan software (gratis) ini, kita bisa kreasikan bentuk-bentuk apa saja lalu... eng-ing-eng... nongol deh layout-nya, yang bisa kita print en digunting lalu kita bentuk sesuai tampilan desainnya.  Ini screenshotnya:
format file yang disupport:
contoh proses kreasinya, bisa File--->Open, 3D object-nya ada disebelah kiri screen (rupa hasil dan bentukannya) dan di sebelah kanan adalah rupa layout-nya dengan garis utuh sebagai bagian yang digunting dan garis putus-putus adalah bagian yang dilipat.


Bingung caranya atau dengan format-format file-nya? Dicoba saja, pasti bisa...kan bisa karena biasa... atau bisa mohon petunjuk ke Mbah Google. Pokoknya asyik dan keren, terutama untuk para orangtua yang ingin berkreasi bersama-sama putra-putrinya yang masih belia, yang juga bisa nambah keakraban antara anak & orangtua juga melatih kecerdasan anak sekaligus mulai memperkenalkan yang namanya komputer berikut pengoperasiannya. Setuju?!


Moga manfaat, dan untuk sedot file eksekyutnya, klik DISINI! And please, don't forget to leave me a trace, comment or message, or even joining become my follower,  and get subscribed to the feed here.. you can even share it to yours & fellows if you think this posting is worthwhile.



Labels: , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home