Sunday, January 1, 2012

Mengenal 5 Taman Nasional di Indonesia

Mari menambah wawasan kita sebagai anak negeri... Berikut ini sedikit ulasan mengenai Taman Nasional yang dimiliki oleh Indonesia - yang mungkin jarang didengung-dengungkan apalagi sampai bergema, sekalian me-refresh ingatan akan kepedulian kita terhadap Penghijauan dan Kelestarian Sumber Daya Alam.  

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan: luasnya 365.000 ha yang terletak di kota Agung - Lampung. Yang unik dari taman ini, terdapat bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi), yaitu bunga bangkai terbesar di dunia. Taman yang memiliki juga koleksi ragam satwa diantaranya tapir, gajah, badak Sumatera, harimau Sumatera, macan kumbang, anjing hutan dan siamang.
  

Taman Nasional Tanjung Puting: luasnya 356 ha yang terletak di Dumai (propinsi DT-I Kalimantan Tengah) merupakan habitat primata seperti orangutan, owa-owa, lutung merah, bekatan dan juga sebagai lokasi proyek rehabilitasi orangutan.


Taman Nasional Gunung Leuser: luasnya 792.675 ha yang terletak di Kotacane - Medan (Sumatera Utara) yang memiliki ekosistem hutan tropika basah, hutan alam pinus (Pinuss Mercussi), beragam satwa mamalia, reptilia, amphibia dan primata.







Taman Nasional Komodo: luasnya 75.000 ha yang terletak di Labuan Bajo - Kabupaten Manggarai (propinsi DT-I Nusa Tenggara Timur) yang merupakan habitat dari biawak (Varanus Komodoensis) alias komodo (Inggris: Komodo Dragon - ternyata orang 'bule' menganggap komodo sebagai spesies naga yang 'realistis'). Taman ini pula memiliki sebuah taman laut yang mempesona sebagai kekayaan 'plus-plus' yang dimilikinya.




 



Taman Nasional Ujung Kulon: luasnya 78.619 ha yang terletak di kota Labuan - Pandeglang (Jawa Barat) yang memiliki salah satu ikon binatang konservasi dunia yakni Badak Bercula Satu (Rhinocus Sondaicus) dan juga ragam satwa lainnya seperti banteng, kijang, rusa, macan tutul (Inggris: Leopard/Cheetah), biawak - juga, buaya dan penyu. Taman ini juga kaya akan obyek wisata terutama wisata pesisir lautnya.

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home