Sunday, March 4, 2012

Water-Proof ATAU Water-Resistant?

Awalnya kirain, teh.. sarua, alias sama.. dari segi bahasa Inggrisnya, ya itu itu juga... maknanya 'antipati' terhadap air, ternyata, ada bedanya ya...

Jika ada produk yang disebutkan sebagai yang Water Resistant, berarti produk itu bisa tahan terhadap efek air hujan, salju dan efek basah-basah lainnya, nah tapi, jangan sampai lupa... JANGAN dicelupkan atau dibenamkan/ditenggelamkan ke dalam Air.

Gamblangnya alias lebih jelasnya, jika ada produk disebutkan sebagai Water Proof, berarti komponen produknya memang didesain supaya bisa bertahan secara TOTAL, jika dicelup atau ditenggelamkan ke dalam Air.
ki-ka: water proof LCD TV - water resistant girl, oops.. walkman

Dalam hal perbedaan kualifikasi ini pada suatu produk, ada namanya skala rating IP, yang terdiri dari IPX0 sampai IPX8 (dipakai juga rating ini oleh bidang militer). IPX tersebut menjelaskan tingkat/derajat kemampuan perlindungan dari produk itu sendiri; jika angka nilai "0" mengiringi IPX mengandung arti: "jangan sekalipun meletakkannya dekat -bahkan setetes air hujan pun atau kemungkinan terkena percikan air lainnya"; dan makin tinggi nilainya ("8"), berarti produk seperti itu bisa dipakai -bahkan oleh si Deni (si Manusia Ikan), AquaMan, AquaNus, ataupun Neptunus, Antasena, mungkin juga, Putri Duyung? Ya, ngerti sendiri lah maksudnya ane bijimane......!
ki-ka: Aquaman rilis film anyar - Aquanus, imajinatif VisFX dahsyat, seandainya...ada

Contoh lainnya, ada juga beberapa produk handphone yang tahan air dengan kualifikasi IPX5 (tengok di http://www.ponsel.org/review-ponsel-lokal-tahan-air-%E2%80%93-movi-p1/), atau bahkan produk arloji, speaker, remote control, compo, de-es-be.

So, makin tinggi nilai angka yang disandangnya, maka makin bagus tingkat kemampuan 'defense'nya terhadap efek buruk air -terutama jika barang itu produk elektronik yang sayang kalo sampai rusak (*^..emang ada yang ngga sayang ya kalau sampai rusak?....^*) , contohnya bisa sampai timbul bocoran kelembaban, kondensasi atau berkarat dan cem-macem lainnya...ta'iyeee... List-nya begini :

  • IPX 0 = non protektif
  • IPX 1 = protektif terhadap kondensasi atau tetesan air (yang jatuh secara vertikal)
  • IPX 2 = protektif terhadap air yang disemprotkan secara miring (arah asal hingga tujuan) hingga kemiringan 15°.
  • IPX 3 = protektif terhadap air yang disemprotkan secara miring (arah asal hingga tujuan) hingga kemiringan 60°.
  • IPX 4 = protektif terhadap percikan (cipratan) air, dari kemiringan bagaimanapun.
  • IPX 5 = protektif terhadap kucuran air (ringan) dari berbagai kemiringan.
  • IPX 6 = protektif terhadap kucuran air bertekanan tinggi dari berbagai kemiringan.
  • IPX 7 = protektif terhadap dicelupkan ke dalam air (celupan selama 30 menit pada kedalaman air hingga 1 meter).
  • IPX 8 = protektif terhadap rendaman air atau tenggelamnya di dalam air secara terus menerus -sesuai kondisi airnya itu sendiri.
Kesimpulannya: produk dengan embel-embel WATER PROOF berarti yang paling basah, eh.. maksudnya yang paling tahan air (cek juga rating IPX-nya), sedangkan untuk WATER RESISTANT, ya, jangan terlalu berharap untuk nyewimming (berenang---bahasa suka-suka guweee) sambil memakai produk WATER RESISTANT.

Yang disimpulkan diatas terlepas dari apakah si manufaktur, mengerti HAKIKAT dari perbedaan kosakata tersebut atau tidak, mungkin juga belum paham sehingga dipikirnya SAMA bin SERUPA. 

*Boleh juga saya tambahin (sama---definisi/determinasi suka-suka guweee) ... karena WATER RESISTANT memakai kata "RESIST", artinya cuma MENAHAN, MENENTANG atau NGELAWAN, jadi ada batas kemampuannya, sedangkan WATER PROOF memakai artian dasar "PROVE/PROVEN" = SUDAH TERBUKTI, atau SANGGUP..NAHAN... apanya? ya NAHAN GITUAN...

Dah dulu lah... saya mau tepar dulu di peraduan... 
"MALAM BERGANTI PAGI... JELANG PAGI...MENANTI SARAPAN..."
..tuang..dahar..mangan..cia'.. nyarap nyarap

((**next time posting, dalam kondisi waras aja deh... jangan kayak gini.. ngga lagi-lagi deh.... topok --tobat bin kapok**))

Labels: , , , ,

3 Comments:

At May 22, 2014 at 10:27 PM , Anonymous Anonymous said...

Ada yang mencantumkan ipx 67 apa tuh????

 
At May 22, 2014 at 10:28 PM , Anonymous Anonymous said...

Ada yang mencantumkan ipx 67 apa tuh????

 
At May 29, 2014 at 4:36 PM , Blogger Yanz4ever Multimedia said...

..sorry late reply.. check out :

http://goo.gl/JDOMyG

and

http://goo.gl/a6vjqt

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home