Thursday, May 10, 2012

Error atau Gangguan Windows 7 Ultimate

Sebelumnya, langkah-langkah solusi terhadap error atau gangguan pada Windows 7 Ultimate harus diketahui bahwa banyak sekali solusi-solusi lainnya, jadi langkah yang satu ini hanya sekedar tambahan... lumayan buat nambah pengetahuan -- buat saya sendiri, ya supaya tidak lupa.

Sebenarnya langkah ini saya temukan tidak sengaja, disaat ngoprek laptop dengan besutan Windows 7 Ultimate, jadi saya tidak tahu apakah bisa atau tidak untuk Windows 7 versi release lainnya. Karena tidak sengaja, masalahnya sudah terlanjur dibereskan, jadi tidak sempat saya record atau snapshooting (by print-screen). Tapi, saya masih hapal langkah-langkahnya.

Diantara masalah yang saya alami di Windows 7 Ultimate on ASUS K43B, yaitu lamanya proses starting dan shutdown, dan beberapa trouble lainnya. Nah, dengan langkah yang saya muat di blog ini, sekedar share... ternyata, IT WORKS FINE! Jadi, apa salahnya saya share disini... Kalau Anda juga mengalami hal yang sama, dan telah mencoba atau melakukan tehnik-tehnik lainnya semisal: Disk Defragment dan lainnya, atau memakai aplikasi pihak ke-3 (seperti: Glary Utilities, TuneUp Utilities, de-es-be), tapi dirasakan/didapati masih saja bermasalah, tidak ada salahnya Anda coba metode berikut ini :

Mulai buka Control Panel (paham tentunya buka akses dimana), dan
pilih System and Security (click sesuai penunjukkan Ujung Panah), CATATAN: tampilan atau View by: Category (karena saya hanya paparkan sesuai yang saya pergunakan). ...won't bother, anyhow.......

Lalu, pilih: System
afterwards, click Performation Information and Tools, is located on lower left-side panel (as pointed by the red arrow) on below figure:
then, choose-lah Advanced Tools seperti ditunjukkan Panah pada gambar berikut :
Nah, akan muncul jendela berikut ini :
No issues reported (on Performance issues dialog)
Pada bagian/area yang ditunjukkan Panah, ada: Performance Issues ---- No issues reported.
Ya, itu artinya, sekemampuan/sepengetahuan system-nya Windows tersebut, tidak ada masalah yang signifikan (maaf, saya tidak snapshot saat di area tersebut ditampilkan beberapa trouble yang ada di Asus saya... alias sudah terlanjur diberesin -ala system yang disediakan Windows).

Tapi jika memang didapati data, maka akan muncul satu/beberapa items dengan atribut icon "Tanda Seru" atau eksklamasi (Exclamation) pada Data Trouble.

Yang perlu dilakukan adalah: klik pada tiap-tiap data trouble tersebut, dan ikuti petunjuk-petunjuknya; nanti akan muncul jendela Remove from list, atau apa gitu... saya lupa...heheheh... *Jika cuma 1, ya selesai satu proses, jika ada lebih, ya lakukan hal yang sama, hingga tampilan informasinya persis seperti yang saya bubuhkan gambarnya ("No issues reported").

Cobalah setelah selesai, tutup atau keluar dari Control Panel (tutup semua jendela program aktif) dan lakukan Shut Down atau Restart. Setelah masuk kembali ke Windows, RASAKAN BEDANYA..!!!


CATATAN 1: mungkin ada diantara Anda yang baca artikel ini, lebih paham dan lebih tahu, baik itu dari metode akses ke Performance issues (untuk instan masuk ke panel Windows "Performance issues" tersebut), ya dipersilahkan untuk share di kolom comment... Berbagi ilmu pengetahuan itu sangat baik dan dianjurkan, selain jua adalah pahala... Bagaimana?


CATATAN 2: penting untuk diingat, bacalah juga info / report yang di-issue-kan dengan seksama, jika tidak mengerti bahasanya --ambillah Kamus English-Indonesia, karena mungkin ada issue yang memang harus diabaikan saja (in case: justru Windows tetap memerlukannya), jadi tidak kita Remove, dan lalu cek issue yang lainnya.

Labels: , , , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home