Wednesday, January 18, 2012

Siapa Penemu Lift ?


Tahukah Pembaca jika prinsip kerja Lift sudah dipakai sejak berabad-abad lalu? Orang Yunani kuno sudah memakai katrol/derek untuk menaikkan atau memindahkan barang yang berat dalam jumlah yang banyak.

Katrol sendiri adalah alat untuk menaikkan/menurunkan barang dengan menggunakan sebuah roda dan tali, seperti yang masih sering digunakan di pedesaan yaitu penggunaannya untuk mengambil air dari dalam sumur.

Sedangkan Derek juga memakai roda dan tali, tetapi dihubungkan dengan sebuah engkol (Inggris: crank). Dengan engkol inilah tali dapat ditarik atau diulurkan untuk barang.

Pada abad ke-17 ditemukan sebuah lift kursi, yang dioperasikan dengan sistem katrol. Tapi lift ini tidak lama dipergunakan oleh orang-orang karena resiko keamanan yang sangat mengkhawatirkan disebabkan talinya putus. Sehingga jika talinya putus, sudah tentu lift akan meluncur dengan sangat kencang ke bawah dan hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan penumpangnya.

Dan lalu pada pertengahan abad ke-19 lift mulai hadir kembali, namun hanya dikhususkan untuk mengangkat/memuat barang atau kontainer tak-bernyawa saja. Untuk mengoperasikannya, mula-mula digunakan mesin derek tapi kemudian diganti dengan tenaga uap. Alat angkut tersebut yang dipakai lebih aman menggantikan kursi lift yang ditemukan Ellisha Otis.

Ketika itu ada juga tenaga hidrolik (Asing: hydro = air) yaitu tenaga yang menggunakan cairan dan gas yang diberikan tekanan tertentu sehingga mampu mengangkat/mengangkut dan menurunkan lift. Sekarang kita mempergunakan lift listrik yang dikembangkan oleh seorang insinyur asal Jerman, Werner Von Siemens (tampak akrab ya nama belakangnya?). Dengan modelnya yang semakin berkembang, ada yang berbentuk kotak, kapsul dan lainnya hingga yang berdinding transparan (kaca).

*Ngomong-ngomong soal lift, dibawah ini ada beberapa sampel lift beneran yang unik, gokil dan aneh tapi kreatif dan sangat menginspirasi... check these out..!

..naik lift atau naik mobil ya?
Wah... Supermania...! buka kostum, siap terbang..basmi kejahatan!!!
..Kill 'em all
"Keluar dari mulut buaya, masuk ke mulut singa"
Pangkas Rambut paling instan / Wig ?!
Arta likes this! Terminate all of d'zombies...!
"..diputer, dijilat, dicelupin... taruh di lift, untuk satu RT"
ada...ada..ada.. saja.. dah ah...

© Courtesy of Creative Criminals - previous posted by Adi Widjaya, M.Sc.

Labels: , , , , ,

1 Comments:

At October 4, 2012 at 8:44 PM , Blogger Unknown said...

info yg menarik.
salam dari kami http://ultraspfcbilal.blogspot.com/

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home