Tuesday, January 17, 2012

Menulis Surat Rahasia (How-To Write a Secret Letter)


Pernahkah Pembaca melihat dalam sebuah film asing atau produksi Hollywood dimana ada adegan seseorang yang menerima sebuah surat dalam bentuk kertas dan kosong tanpa tulisan atau gambar apapun? Kebetulan saya pernah nonton, tapi saya lupa judul filmnya dan nama-nama pemainnya ngga ada yang familiar bagi saya, so totally forgotten…hehehe…tapi yang pasti sih para pemerannya bule punya begitu.

Tapi saya bukan bermaksud memposting tentang film tersebut, tapi tentang surat tanpa isi yang seperti ada dalam filmnya, ternyata sebenarnya kertas surat tersebut tidaklah kosong, hanya saja tersembunyi atau tidak tampak jika tidak tahu cara menampakkannya.

Mungkin tips trik ini bisa sangat berguna bagi mereka yang suka main rahasia… otherwise, up to you deh... hehehe

Untuk membuat isi surat rahasia, bisa berupa tulisan ataupun gambar – pada media kertas biasa, maka bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah didapat dimana saja.

Sediakanlah ekstrak atau sari (perasan) jeruk nipis sehingga menjadi layaknya minuman lime juice; bahan ini dijadikan sebagai “tinta”nya. Sedangkan untuk “pena” (alat tulis)-nya bisa dipakai batang sapu lidi (rib broom) atau tusuk gigi (toothpick); cukup satu batang saja.

Lalu, tuliskan atau torehkan apa saja yang ingin Pembaca buat diatas kertas tersebut; writing or picture  – whatever lah! Setelah selesai menulis, jika ingin melihat hasilnya, tunggu sampai cairan ‘tinta’ tersebut tampak mengering – yang tampak hanya kertas kosong tanpa coretan atau tulisan apapun, maka dekatkan kertas yang ada tulisan rahasia tersebut ke sumber panas/kalor, maka kertas yang tadinya tampak kosong akan muncul tulisan/coretan yang sudah Pembaca buat.

Oya, untuk sumber panasnya bisa memanfaatkan lampu pijar, pemanggang roti (bread toaster) ataupun digosok dengan seterika (iron)-tapi jangan terlalu berlebihan panasnya karena selain bisa gosong, kertas pun akhirnya robek.

Selamat mencoba ya!

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home